Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH Pimpin Apel Akbar Untuk Pelaksanaan Satkamling di Kecamatan Minas   

Kamis, 12 Januari 2023 - 11:44:35 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Dipimpin langsung oleh Kapolsek Kompol Sawaluddin Pane SH, Kepolisian Sektor (Polsek) Minas, Polres Siak, Polda Riau, melakukan pelaksanaan apel akbar dalam rangka pelaksanaan satuan keamanan lingkungan (Satkamling) di wilayah Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (12/01/2023) pagi.

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK melalui Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH, ia menjelaskan, pelaksanaan apel tersebut sengaja dilakukan, untuk membentuk Satkamling itu sendiri.

Sementara itu dijelaskan dia, Satkamling adalah mitra Polri merupakan satuan masyarakat pengemban fungsi kepolisian dan dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan untuk mengamankan lingkungannya masing-masing.

"Dengan adanya Satkamling ini masing-masing wilayah ataupun Desa diharapkan agar lebih bersinergi membuat suatu pengamanan lingkungan yang benar-benar menguasai lingkungan, terlebih dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 mendatang," kata Kompol Sawaluddin Pane SH.

Terlebih kata dia, untuk pemilu 2024 mendatang cukup berbeda dengan Pemilu sebelum-sebelumnya, terlebih jumlah Parati yang mengikutinya cukup banyak


"Ada total 17 Partai nantinya yang akan bertarung pada pemilu 2024 mendatang secara Nasional. Oleh karena itu Satkamling ini diharapkan bisa lebih komprehensif dalam mengawasi partai-partai maupun seluruh orang-orang yang menjadi peserta pemilu 2024 mendatang, agar berjalan aman tentram damai dan kondusif," kata dia.

Tak hanya itu jelas dia, Satkamling yang telah dibentuk tersebut juga diharapkan bisa membantu melakukan pengamanan terhadap aset negara yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PT PHR), mengingat, Kecamatan Minas berada didalam lingkungan aset negara berupa Migas.

"Jadi Satkamling ini juga diminta untuk ikut mendukung dan menjaga aset negara tersebut, jangan sampai terhambat dan juga jangan sampai ada kasus pencurian, sebab hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama, karena yang dikelola oleh PT PHR ini merupakan aset negara yang sistemnya bagi hasil, dari kita untuk kita oleh kita dan untuk rakyat, jadi harus kita junjung dan kita jaga bersama," imbuhnya.

Dalam kesempatan serupa pula Camat Minas melalui Muhammad Darwis S Sos selaku Sekcam Minas, ia mengatakan bahwa menurutnya Satkamling ini sendiri merupakan hal yang baik diterapkan dan sangat bernilai positif untuk keamanan lingkungan di masing-masing Kelurahan maupun Desa.

"Terlebih kita sudah mulai memasuki tahun-tahun politik, jadi ini sangat baik, mulai dari sekarang kita harus menggalakkan serta mengaktifkan Satkamling di Kecamatan Minas ini, untuk saling bersinergi dan bersama guna membangun Kecamatan Minas yang aman kondusif dan lebih baik lagi," pungkasnya.****

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex